Ponpes Makrifatul Ilmi Panen Perdana Ikan Lele Sitem Bioflog

banner 468x60)

Bengkulu Selatan – Pondok Pesantren (Ponpes) Makrifatul Ilmi panen perdana budidaya ikan lele sistem Bioflok. Panen perdana ini mengundang Gubernur Bengkulu yang diwakili Plt Asisten I Pemprov Bengkulu Supran SH, Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi dan Kadis Perikanan Kelautan Nopian Andusti, Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Deddy Nata SIK, Dandim 0408 BS/Kaur, Kepala pengadilan Agama Hartawan SH dan undangan lainnya, Kamis (27/02/2020).

Dalam sambutannya, pimpinan Ponpes Makrifatul Ilmi KH AbdullahMunir menyampaikan, kegiatan budidaya lele ini dikelola oleh kelompok Tani Ikan yang ada di Ponpes Makrifatul Ilmi.

Untuk bibit ikan lele dan pakan, serta kelengkapan lainnya merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2019.

“Ada 10 kolam yang di kelola dengan sitem Bioflok ini. Satu kolam ukurannya 3×3 meter, kapasitas 3000 bibit ikan lele per kolam. Untuk kematiannya cukup kecil sekitar 5 persen. Saat ini ikan lele yang kita panen berumur 2 bulan 4 hari. Rata-rata per kilogramnya 9 sampai 10 ekor,” kata Kyai.

Sementara itu Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, melalui Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bengkulu Selatan Nopianto, dalam sambutannya mengatakan, pada tahun 2020 ini akan memberikan bantuan bibit ikan Patin ke Ponpes Makrifatul Ilmi.

“Semoga budidaya lele sistem Bioflok ini dapat berlanjut dan bermanfaat. Tahun 2020 ini dinas Perikanan dan Kelautan Bengkulu Selatan akan memberikan bantuan bibit ikan Patin berikut pakannya,” ucap Nopianto.

Usai panen ikan lele bersama dilanjutkan dengan peresmian Masjid bantuan RS As-Syifa dan Wisudah 120 Santri Tahfidz Al-Quran.
Reff: lintasbengkulu

3,256 total views, 25 views today

Kewirausahaan

Related Post