PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN

Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi di bawah naungan Yayasan Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan bergerak di bidang pendidikan formal maupun nonformal yang berbasis keagamaan. Yang formal meliputi Pendidikan Dasar sampai Perguruan Tinggi dan yang nonformal meliputi: kursus, paket belajar, majelis taklim, dan juga melaksanakan kepondokpesantrenan seperti wetonan, bandongan, dan takhassus pendidikan ini menggunakan bahan materi kitab-kitab klasik berbahasa Arab.

Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan merupakan pesantren yang memadukan turats (warisan khazanah keilmuan klasik) dan khazanah keilmuan modern. Oleh karena itu, dalam pengembangan desain kurikulum yang dipakai diharapkan mampu memberikan bekal kepada para santri untuk menguasai ilmu-ilmu agama dari masa lampau sampai masa sekarang. Berkaitan dengan hal tersebut juga memperhatikan kebutuhan masyarakat untuk menghadapi tantangan masa depan.

Kurikulum yang diaplikasikan di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan didesain mampu memberikan pengembangan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) para santri yang siap menghadapi tantangan zaman dan mampu bersaing di era ke depan. Di antara skill yang akan dikembangkan adalah kemampuan komunikasi global, yaitu kemampuan santri dalam komunikasi aktif menggunakan bahasa asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris), kemampuan menguasai keilmuan Islam Klasik dan keilmuan Islam Modern, kemampuan penguasaan Ulumul Qur’an.

257 total views, 1 views today