LEMBAGA PENDIDIKAN

Pendidikan yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Makrifatul IlmiBengkulu Selatanberupa pendidikan keagamaan dan pendidikan umum. Untuk pendidikan keagamaan yaitu sekolah yang semata-mata mengajarkan ilmu-ilmu agama. Jenis pendidikan ini memiliki tiga jenjang, yaitu:

Penyelenggaraan pendidikan diniyah non-formal berjenjang ini didirikan bertujuan untuk memberikan tambahan pelajaran agama bagi para siswa yang belajar pada pendidikan formal umum yang ada di lingkungan pondok pesantren maupun di luar pondok pesantren. Adapun lembaga pendidikan diniyah tersebut:

Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA) Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan

MDTA Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan ini untuk memberikan pelayanan kepada para siswa/santri MI Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan dan warga sekitar dengan jenjang pendidikan formal umum untuk tingkat dasar (SD/MI). Tujuan dari MDTA ini untuk memberikan tambahan pelajaran agama yang telah dipelajari di madrasah/sekolah umum, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Saat ini sebagai Kepala MDTA Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan dijabat oleh Ustadzah Rosnita, S. Pd.

  1. Pendidikan Diniyah Nonformal Tanpa Jenjang

Penyelenggaraan pendidikan diniyah non-formal tanpa jenjang ini didirikan bertujuan untuk memberikan tambahan pelajaran dan pendalaman tentang Al-Qur’an bagi para siswa yang belajar pada pendidikan formal umum yang ada di lingkungan pondok pesantren maupun di luar pondok pesantren. Adapun lembaga pendidikan diniyah tersebut:

  1. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan

TPQ Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan ini untuk memberikan pelayanan kepada para siswa/santri yang berusia 7-12 tahun yang belajar di MI Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan dan anak-anak di sekitar pondok pesantren dengan jenjang pendidikan formal umum untuk tingkat (SD/MI). Tujuan dari TPQ ini untuk memberikan materi tambahan pelajaran Al-Qur’an yang telah dipelajari di SD/MI. Saat ini sebagai Kepala TPQ Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan dijabat oleh Ibu Dra. Ny. Hj. Siti Halimah.

  1. Madrasah Tahfidz Al-Qur’an Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan

Madrasah Tahfidz Al-Qur’an Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan, didirikan bertujuan untuk mencetak santri yang mampu untuk menghafal Al-Qur’an sebanyak 30 juz dan menguasai Qiraat Sab’ah, dan tafsir Al-Qur’an. Peserta didik pendidikan ini adalah seluruh santri dan masyarakat umum yang berminat untuk menghafal dan mendalami Al-Qur’an. Saat ini sebagai Kepala Madrasah Tahfidz Al-Qur’an Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan dijabat oleh BapakK.H. Abdullah Munir

  1. Pendidikan Pondok Pesantren

Pendidikan Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan didirikan dengan tujuan menanamkan keimanan dan ketakwaan, akhlak mulia, serta tradisi pesantren untuk mengembangkan kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik untuk menjadi ahli ilmu agama Islam (mutafaqqih fiddin) dan/atau menjadi muslim yang memiliki keterampilan/keahlian untuk membangun kehidupan yang Islami di masyarakat.PondokPesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan ini menyelenggarakan pendidikan diniyah atau secara terpadu denganjenis pendidikan lainnya pada jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikandasar, menengah. Pembelajaran kitab dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari: Pengajian Kitab Ibtidai, Pengajian Kitab Tsanawi, dan Pengajian Kitab Ulya. Pengajian kitab tersebut dapat diikuti oleh para santri sesuai dengan tingkatan dan kemampuan dari para santri yang ada di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan. Saat ini sebgai pengasuh Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan dijabat oleh Bapak K.H. Bahrul Ulum, S. Sos.

  1. Majelis Taklim (MT) Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan

MajelisTaklim Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan bertujuan untuk meningkatkankeimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dan akhlak mulia peserta didikserta mewujudkan rahmat bagi alam semesta. Kurikulum bersifat terbuka dengan mengacu pada pemahamanterhadap Al-Qur’an dan Hadits sebagai dasar untuk meningkatkan keimanan danketakwaan kepada Allah SWT, serta akhlak mulia. Majelis Taklim ini diikuti oleh para santri Pondok Pesantren Makriftul Ilmi Bengkulu Selatan dan masyarakat umum yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan. Pelaksanaan pengajian majelis taklim ini dilaksanakan setiap bulan pada pekan pertama pada hari libur, mulai pukul 14.30 sampai dengan pukul 17.30 WIB yang bertempat di Laboratorium Keagamaan Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan.

  1. Pendidikan Umum Formal Berjenjang

Di samping itu di lingkungan Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan oleh Yayasan Makrifatul Ilmu Bengkulu Selatan juga diselenggarakan pendidikan umum formal berjenjang. Di mana lembaga pendidikan ini ada yang berlokasi di dalam pondok pesantren dan juga ada di luar pondok pesantren. Adapun lembaga pendidikan umum formal tersebut yang ada di lokasi pondok pesantren adalah:

  1. Raudhatul Athfal(RA) Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan

RA Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan merupakan jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang diselenggarakan untuk anak usia 4-6 tahun. RA Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan untuk sementara ini berlokasi di Jalan Lettu Muhiba Kelurahan Ibul Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Saat ini sebagai Kepala RA Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan dijabat oleh Ustadzah Lilik Badriyah, S. Pd. I.

  1. Madrasah Ibtidaiyah Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan

MI Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan merupakan jenjang Pendidikan Dasar yang diselenggarakan untuk anak usia 7-12 tahun. MI Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan ini berlokasi di lingkungan Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan di Kelurahan Gunung Ayu Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Di samping itu, Yayasan Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan juga memayungi madrasah setingkat yaitu MI Suka Rami yang berlokasi di Desa Suka Rami Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan. Saat ini sebagai Kepala MI Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan dijabat oleh Ustadzah Siti Marhamah, M. Pd.I.

  1. Madrasah Tsanawiyah Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan

MTs Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan merupakan jenjang Pendidikan Dasar lanjutan yang diselenggarakan untuk anak usia 13-15 tahun. MTs Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan ini berlokasi di lingkungan Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan di Kelurahan Gunung Ayu Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Saat ini sebagai Kepala MTs Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan dijabat oleh Bapak K.H. Syaiful Imron, S. Ag.

  1. Madrasah AliyahMakrifatul Ilmi Bengkulu Selatan

MA Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan merupakan jenjang Pendidikan Menengah yang diselenggarakan untuk anak usia 16-18 tahun. MA Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan ini berlokasi di lingkungan Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan di Kelurahan Gunung Ayu Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Di samping itu, Yayasan Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan juga memayungi madrasah setingkat yaitu MA Kedurang yang berlokasi di Kecamatan Kedurang, MA Suka Negeri yang berlokasi di Kecamatan Air Nipis, dan MA Talang Tinggi yang berlokasi di Kecamatan Ulu Manna, yang kesemuanya ada di wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan. Saat ini sebagai Kepala MA Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan dijabat oleh Ustadz Drs. Nur Ali, M. Pd.

371 total views, 1 views today